Mata Kuliah Umum

Mata Kuliah Umum merupakan mata kuliah yang harus diikuti oleh semua mahasiswa dari semua program studi. Mata Kuliah Umum terdiri dari lima mata kuliah sebagai berikut: (1) Pendidikan Kewarganegaraan (2-3 SKS), (2) Ilmu Sosial Budaya Dasar (2-3 SKS), (3) Ilmu Alamiah Dasar (2-3 SKS), (4) Bahasa Indonesia (2-3 SKS), dan (5) Bahasa Inggris (4 SKS). Selain kelima mata kuliah tersebut, terdapat dua mata kuliah lain, yaitu Studi Islam dan Kemuhammadiyahan, yang juga harus diambil oleh semua mahasiswa dari semua program studi dan merupakan kekhasan perguruan tinggi Muhammadiyah. Namun demikian, di Universitas Muhammadiyah Surakarta, pengelolaan kedua mata kuliah tersebut dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, di bawah koordinasi Wakil Rektor IV.

1. Pendidikan Kewarganegaraan
Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata kuliah yang wajib diikuti dan wajib lulus oleh semua   mahasiswa dari semua program studi. Mata kuliah ini berbobot 2-3 SKS dan dapat diberikan pada semester gazal atau genap sesuai dengan sebaran mata kuliah di masing-masing program studi.

2. Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah yang wajib diikuti dan wajib lulus oleh semua mahasiswa dari semua program studi. Mata kuliah ini berbobot 2-3 SKS dan memberikan penekanan pada keterampilan menulis ilmiah. Mata kuliah ini dapat diberikan pada semester gazal atau genap sesuai dengan sebaran mata kuliah di masing-masing program studi.

3. Bahasa Inggris EAP (English for Academic Purpose)
Bahasa Inggris EAP merupakan mata kuliah yang wajib diikuti dan wajib lulus oleh semua mahasiswa dari semua program studi. Mata kuliah ini berbobot 4 SKS dan terbagi ke dalam dua mata kuliah, yaitu: Bahasa Inggris I (2 SKS) dan Bahasa Inggris II (2 SKS). Mata kuliah ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa memahami materi pembelajaran di program studi masing-masing (English for Academic Purpose). Bahasa Inggris I menekankan pada Vocabuary, Structure, dan Reading Comprehension; sedangkan Bahasa Inggris II menekankan pada Listening Comprehension dan, sampai pada tingkat tertentu, Writing.

4. Ilmu Sosial Budaya Dasar
Ilmu Sosial Budaya Dasar merupakan mata kuliah yang wajib diikuti dan wajib lulus oleh semua mahasiswa dari program studi yang dikelompokkan ke dalam rumpun bidang ilmu-ilmu alam, seperti berbagai program studi di Fakultas Teknik dan Fakultas Kedokteran. Mata kuliah ini berbobot 2-3 SKS dan dapat diberikan pada semester gazal atau genap sesuai dengan sebaran mata kuliah di masing-masing program studi.

5. Ilmu Alamiah Dasar
Ilmu Alamiah Dasar merupakan mata kuliah yang wajib diikuti dan wajib lulus oleh semua mahasiswa dari program studi yang dikelompokkan ke dalam rumpun bidang ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Mata kuliah ini berbobot 2-3 SKS dan dapat diberikan pada semester gazal atau genap sesuai dengan sebaran mata kuliah di masing-masing program studi.