PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN UNIT

PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN UNIT

LEMBAGA PENGEMBANGAN ILMU DASAR DAN BAHASA

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

TAHUN AKADEMIK 2018-2019

Lembaga Pengembangan Ilmu Dasar dan Bahasa (LPIDB) Universitas Muhammadiyah Surakarta telah melaksanakan program pengembangan unit LPIDB tahun akademik 2018-2019. Adapun program kegiatan tersebut adalah:

  1. Workshop Pembelajaran Listening

Workshop pembelajaran listening merupakan program kerja bidang pembelajaran bahasa dengan tujuan meningkatkan efektivitas pembelajaran listening comprehension skor TOEP mahasiswa UMS. Kegiatan workshop dilaksanakan 2 tahap. Pertama, “Workshop Teaching Method of Listening Comprehension” dilaksanakan tanggal 6 April 2019 di ruang i.04.01 dihadiri oleh 32 dosen pengampu bahasa inggris 1 dan bahasa inggris 2. Kedua, “Workshop Technology exploration to Develop Listening Skill” dilaksanakan tanggal 4 Mei 2019 i.04.01 dihadiri oleh 31 dosen bahasa inggris 1 dan bahasa inggris 2. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak Agus D Priyanto, MCALL (Wakil Direktur Sekolah Vokasi Universitas Negeri Sebelas Maret).

Workshop Teaching Methode of Listening Comprehension, 6 April 2019
Penjelasan Materi workshop, Sabtu 6 April 2019
Foto bersama setelah wokrshop selesai, Sabtu 6 April 2019
Workshop Technology exploration to Develop Listening skill, Sabtu 4 Mei 2019
Workshop Technology exploration to Develop Listening skill, Sabtu 4 Mei 2019

2. Sosialisasi Program Pelayanan LPIDB dan Tes Terstandarisasi Internasional

Sosialisasi program pelayanan LPIDB dan tes terstandarisasi international merupakan program kerja bidang pengembangan pelayanan bahasa.  Sosialisai program layanan LPIDB diawali dengan mengundang 40 kepala sekolah SMK/SMA di wilayah Surakarta dan sekitarnya ke LPIDB UMS untuk mengikuti sosialisasi pelayanan LPIDB. Kegiatan ini di laksanakan tanggal 30 januari 2019 dihadiri oleh 27 kepala sekolah. Dalam sosialisasi ini LPIDB mempromosikan program layanan LPIDB dan pelaksanaan Tes yang terstandarisasi internasional. Kegiatan sosialisasi dilanjutkan kunjungan ke 4 sekolah diwilayah Surakarta dan sekitarnya yaitu SMKN 4 Sukoharjo, SMK Pertiwi Kartasura, SMK Muh 1 Surakarta, SMK Muhammadiyah 4 Laweyan.

Sosialisai di SMK N 4 Sukoharjo
Sosialisasi di SMKN 4 Sukoharjo
Sosialisasi di SMK Pertiwi SKH
Sosialisasi di SMK Pertiwi SKH
Sosialisasi di SMK Muh 1 Ska
Sosialisasi di SMK Muh 1 Ska
Sosialisasi di SMK Muh 4 Ska
Sosialisasi di SMK Muh 4 Ska

3. Studi Banding ke Taiwan

Pentingnya rujukan lembaga bahasa pada institusi yang memiliki latar belakang social-budaya-ekonomi serupa dalam pengelolaan pembelajaran dan pelayanan bahasa membuat LPIDB melakukan studi banding ke Taiwan. Kegiatan studi banding dilaksanakan tanggal 12 Maret s.d 17 Maret 2019 oleh Kabid. Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Kabid. Pengembangan Pelayanan Bahasa. Kegiatan studi banding dilakukan di 3 Universitas yaitu Taipei Medical University (TMU), National Taipei University of Nursing and Health Scinces (NTUHNS) dan National Dong Hwa University (Hualian). Dalam kunjungan ini menunjukkan bahwa setiap universitas yang dikunjungi mempunyai kebijakan yang berbeda untuk pengajaran dan evaluasi kemampuan bahasa inggris mahasiswa. Tetapi, satu persamaannya bahwa setiap mahasiswa di ketiga universitas tersebut mensyaratkan mahasiswa untuk memenuhi nilai test bahasa Inggris terstandar internasional, dengan nilai minimal yang bisa diterima dalam dunia kerja bagi lulusan mereka. Kelebihan utama yang dapat diambil, ketiga Universitas menekankan pada bahasa Inggris untuk komunikasi (Speaking dan Writing) sehingga LPIDB berusaha menambkan jenis tes tersebut.

Studi Banding ke Taipei Medical University
Studi Banding ke National Dong Hwa University (Hualian)
Studi Banding ke National Taipei University of Nursing and Health Sciences (NTUHNS)

4. Workshop Penyusunan RMP dan RPS Materi Pancasila

Workshop pemutakhiran RMP dan RPS serta diseminasi hasil pemutakhiran materi pancasila. Workshop ini dilaksanakan tanggal 25 juni 2019 jam 09.00-12.00 di ruang i.04.01. workshop dihadiri oleh 17 dosen pengampu pancasila dari total 35 dosen yang diundang. Selanjutnya diadakan workshop diseminasi hasil pemutakhiran bahan ajar kewarganegaraan pada pukul 12.30-15.30 dengan dihadiri oleh 13 dosen pengampu mata kuliah kewarganegaraan.

Workshop Penyusunan RMP dan RPS Materi Pancasila
Workshop Penyusunan RMP dan RPS Materi Pancasila
Workshop Penyusunan RMP dan RPS Materi Pancasila

5. Rapat Kerja

Rapat kerja dilaksanakan tanggal 1-3 Juli 2019 di pondok asri tawangmangu. Rapat diikuti oleh seluruh pimpinan dan staff LPIDB. Rapat kerja hari pertama membahas tentang visi misi, tujuan, Nilai-nilai inti LPIDB, nilai-nilai dasar yang disesuaikan dengan renstra universitas serta pembagian komisi untuk program kerja LPIDB ke depan. Rapat kerja hari kedua beisi penyampaian rencana kerja masing-masing kepala bidang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Rapat kerja hari ketiga membahas tentang evaluasi diri kinerja LPIDB dan motivasi pelaksanaan pelayanan LPIDB dengan menggunakan nilai-nilai inti LPIDB yaitu CARE (Cepat, Amanah, Ramah, dan Empatik).

Rapat Kerja LPIDB
Pembahasan rapat kerja LPIDB
Rapat kerja hari terakhir 3 Juli 2019