Lembaga Pengembangan Ilmu Dasar dan Bahasa (LPIDB) telah mengadakan Grand Opening English Tutorial Program (ETP) 2020.

Grand Opening ETP 2020 ini dilakukan secara daring melalui Zoom meeting yang diselenggarakan pada hari Rabu, 30 September 2020. Yang diikuti oleh mahasiswa baru angkatan 2020, tutor, pendamping tutor, Bapak dan Ibu Dosen yang mengajar di kelas.

English Tutorial Program ini merupakan program wajib bagi mahasiswa S1 semester 1 dan 2, ETP ini menjadi pasangan dalam mata kuliah EAP (English for Academic Purpose). ETP difokuskan pada skill speaking dan writing sedangkan untuk EAP difokuskan pada skill listening dan reading.

Prof. Dr. Sofyan Anif, M.So, Rektor UMS mengatakan bahwa ETP ini merupakan kegiatan unggulan yang dimiliki oleh UMS. Dan juga menambahkan bahwa sudah banyak perguruan tinggi studi banding ke LPIDB untuk mempelajari strategi peningkatan bahasa asing bagi mahasiswa.

Prof. Dr. Lincolin Arsyad, M.Sc, Ketua Majlis Dikti Litbang PP Muhammadiyah menyambut baik program ETP ini, dan ia juga menginginkan agar PTM lain mengikuti langkah UMS untuk meningkatkan kualitas bahasa  asing pada mahasiswa. “Bahasa Inggris itu bukan lagi bahasa asing tapi setiap orang harus tahu, minimal mengerti.”.

Jumlah mahasiswa yang mengikuti program ETP tahun 2020 ada 7300 Mahasiswa, 722 Tutor dan 75 Pendamping tutor.